Requirement Definition

 Requirement Definition

Definisi
Defini Requirement Menurut (Dorf, 1990), yaitu: Sebuah requirement ialah suatu kemampuan yang mesti dimiliki dari sebuah software. Secara mudah Requirement Definition adalah pernyataan tertulis tentang apa yang harus dapat dilakukan atau dimiliki oleh sebuah sistem, produk, atau layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna atau pemangku kepentingan. Requirement menjelaskan fitur fungsional dan non-fungsional, kualitas, dan batasan yang harus dipenuhi oleh sistem, produk, atau layanan tersebut.

Fungsi
1. Menentukan tujuan - Requirement definition membantu untuk menentukan tujuan dan sasaran yang harus dicapai oleh sistem, produk, atau layanan yang akan dikembangkan.
2. Memastikan kesesuaian - Requirement definition memastikan bahwa sistem, produk, atau layanan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pengguna atau pemangku kepentingan.
3. Meningkatkan kualitas - Requirement definition membantu meningkatkan kualitas dari sistem, produk, atau layanan yang dikembangkan dengan menetapkan fitur fungsional dan non-fungsional yang harus dipenuhi.
4. Mengurangi biaya - Requirement definition dapat membantu mengurangi biaya pengembangan dan menghindari pemborosan karena fitur yang tidak diperlukan.
5. Meningkatkan komunikasi - Requirement definition dapat meningkatkan komunikasi antara pengembang, pengguna, dan pemangku kepentingan lainnya dalam proyek pengembangan, sehingga memastikan bahwa semua pihak memahami kebutuhan dan harapan yang ada.

Jenis
1. User Requirement
kebutuhan pengguna terhadap sistem, produk, atau layanan yang dikembangkan, yang harus dipenuhi untuk memastikan kepuasan dan kesuksesan pengguna.
2. Business Requierement
Kebutuhan bisnis atau perusahaan yang harus dipenuhi oleh sistem, produk, atau layanan yang dikembangkan untuk mencapai tujuan bisnis atau strategi perusahaan.
3. Functional Requierement
Fungsional requirement adalah kebutuhan yang menjelaskan fungsi atau tugas yang harus dilakukan oleh sistem, produk, atau layanan yang dikembangkan.
4. Non-functional Requierement
Non-functional requirement adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kualitas, performa, dan karakteristik non-fungsional lainnya dari sistem, produk, atau layanan yang dikembangkan, seperti keamanan, reliabilitas, dan usabilitas.
5. System Requirement
System requirement adalah kumpulan kebutuhan fungsional dan non-fungsional yang harus dipenuhi oleh sistem yang akan dikembangkan, termasuk spesifikasi teknis, performa, keamanan, dan karakteristik lainnya.


Studi Kasus

Aplikasi / Software : Odoo HR (https://www.odoo.com/app/employees)
Odoo HR adalah sebuah software untuk memudahkan HR dalam mengelola sebuah perusahaan, terkhusus dalam mengelola sumber daya manusia melalui sebuah sistem. Software Odoo dapat memberikan wadah HR untuk mengelola seluruh informasi kepegawaian, melakukan tracking kehadiran pegawai, mengevaluasi kinerja pegawai, dan masih terdapat banyak fitur lainnya dalam mengelola kepegawaian.

Di bawah ini adalah hasil analisa saya mengenai 5 macam jenis requirement tentang software Odoo
1. User Requirement
Aplikasi Odoo diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam mengelola ribuan karyawan dengan mudah dan simple. Selain itu, Aplikasi tersebut diharapkan memberikan kemudahan akses (baik private/sharing) mengingat banyaknya user yang dapat mengakses aplikasi tersebut.
2. Business Requierement
Aplikasi Odoo diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar yang besar dalam mengelola kepegawaian baik dalam fitur, kemudahan user, maupun manfaat lainnya. Selain itu, aplikasi tersebut diharapkan untuk mampu mengatur ribuan pegawai dengan mudah dan ringkas karena hal tersebut yang menjadi permasalahan HR sekarang.
3. Functional Requierement
Aplikasi Odoo diharapkan memberikan fitur mengenai mudahnya mengakses seluruh informasi kepegawaian setiap pegawai, transparansi data pegawai, dan fitur tracking performa yang lebih lengkap.
4. Non-functional Requierement
Aplikasi Odoo diharapkan mampu meningkatkan keamanan dari penyimpanan data pegawai itu sendiri mengingat pentingnya informasi pegawai yang ada.
5. System Requirement
Aplikasi Odoo diharapkan compactible dengan perangkat yang relatif umum baik dari requirement software maupun hardware dari perangkat yang ada.

Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Final Project

Data Modeling

MVC Toko Online CI