Analisa Use Case

 Analisa Use Case

DEFINISI
      Use case (kasus penggunaan) adalah sebuah teknik dalam rekayasa perangkat lunak yang digunakan untuk menggambarkan interaksi antara sistem perangkat lunak yang dikembangkan dan aktor-aktor (pengguna atau sistem lainnya) yang terlibat dalam menggunakan sistem tersebut. Secara lebih rinci, use case menggambarkan skenario atau situasi tertentu di mana pengguna atau sistem lainnya menggunakan sistem perangkat lunak untuk mencapai tujuan tertentu. Use case dapat digunakan sebagai panduan untuk membangun dan menguji sistem perangkat lunak dan juga sebagai alat untuk berkomunikasi antara pengembang dan pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai fungsionalitas dan kebutuhan sistem yang akan dikembangkan.

MANFAAT
Beberapa manfaat dari penggunaan use case dalam rekayasa perangkat lunak antara lain:
  • Menjelaskan fungsionalitas sistem: Use case membantu pengembang perangkat lunak untuk memahami secara lebih baik fungsionalitas sistem yang akan dikembangkan. Use case menggambarkan skenario penggunaan sistem dalam situasi nyata sehingga membantu mengidentifikasi kebutuhan fungsional dan non-fungsional sistem.
  • Meningkatkan komunikasi: Use case memungkinkan pengembang dan pemangku kepentingan untuk berkomunikasi dengan lebih jelas dan efektif. Use case dapat digunakan sebagai alat untuk memperjelas kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan terhadap sistem yang akan dikembangkan.
  • Membantu pengujian: Use case dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan rencana pengujian yang efektif. Setiap use case dapat diuji secara terpisah untuk memastikan bahwa fungsionalitas sistem bekerja dengan baik dalam setiap situasi penggunaan yang dijelaskan.
  • Meningkatkan keselarasan antara tim pengembang: Use case membantu tim pengembang untuk memahami bagaimana sistem yang akan dikembangkan akan digunakan oleh pengguna. Hal ini membantu meningkatkan keselarasan antara tim pengembang dan pemangku kepentingan terkait dengan tujuan dan harapan sistem yang akan dikembangkan.
  • Memperbaiki kualitas dan kepuasan pengguna: Use case membantu memastikan bahwa fungsionalitas sistem memenuhi kebutuhan pengguna dan pemangku kepentingan. Dengan membangun sistem yang sesuai dengan use case, pengguna dan pemangku kepentingan akan merasa puas dengan kualitas dan fungsionalitas sistem.

IMPLEMENTASI

Pada implementasi kali ini, saya membuat sebuah alur use case pada aplikasi pemesanan kamar hotel.


Ketika use case tabel sudah selesai dibuat dipahami, untuk lebih mengerti alur dari penggunaan aplikasi maka akan dibuat Use Case Diagram seperti di bawah ini



REFERENSI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Final Project

Data Modeling

MVC Toko Online CI