Mengenal System Request

Definisi

System request adalah sebuah dokumen permintaan untuk menjalankan sebuah bisnis yang memperlukan sebuah sistem dalam menjalankannya.

Elemen

System request memiliki lima buah elemen dalam penyusunannya, yaitu

  1. Project Sponsor, yaitu seseorang atau sekelompok yang memiliki tanggung jawab untuk membiayai, mendukung, dan mengawasi suatu bisnis. Project sponsor biasanya merupakan seorangp pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang memiliki otoritas tertentu.
  2. Business Need, yaitu suatu kebutuhan yang menimbulkan suatu permintaan dalam sebuah pasar bisnis. Business need biasanya didasarkan pada tujuan diciptakan bisnis tersebut yang berhubungan dengan perbaikan proses, peningkatan kerja, dan pertumbuhan peluang bisnis baru.
  3. Business Requirement(s), yaitu syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam menjalani sebuah bisnis. Business requirement(s) harus didasarkan pada kebutuhan bisnis dan harus terukur, spesifik, dan dapat dibuktikan kebenarannya.
  4. Business Value, yaitu manfaat yang dihasilkan dalam menjalani sebuah bisnis. Business value biasanya terkait dengan tujuan strategis dan pencapaian tujuan bisnis, seperti meningkatkan pendapatan, efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, atau peningkatan kualitas produk atau layanan.
  5. Special Issue / constraint, yaitu permintaan atau kebutuhan khusus yang tidak termasuk dalam permintaan atau kebutuhan standar atau rutin. Permintaan atau kebutuhan khusus tersebut dapat berupa permintaan untuk layanan khusus, penyesuaian atau modifikasi khusus pada produk atau layanan, atau permintaan untuk mendapatkan izin atau persetujuan khusus dari pihak terkait.

Contoh System Request


Referensi:

  1. Referensi 1
  2. Referensi 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Final Project

Data Modeling

MVC Toko Online CI